Latest Post

Ia mengangkat aku dari lobang kebinasaan, dari lumpur rawa; Ia menempatkan kakiku di atas bukit batu, menetapkan langkahku (Mazmur 40:3)

Dalam ESV, ayat ini berbunyi: He drew me up from the pit of destruction, out of the miry bog, and set my feet upon a rock, making my steps secure. Allah berkuasa atas situasi kita. Segala ciptaan Tuhan bergantung pada situasi di sekitarnya. Ketika makanan dan sumber daya berkelimpahan, maka bangsa itu akan makmur. Kekuatan seorang prajurit juga bergantung pada situasi di sekitarnya. Prajurit dapat berjuang secara maksimal jika ia berdiri di atas tanah yang keras dan datar. Pada hari ini kita bisa kuat karena Tuhan bisa memberikan situasi yang mendukung kita.

Tidak ada yang bisa berkata ‘aku berhasil semata-mata karena usahaku sendiri. Aku tidak membutuhkan Tuhan’. Ia punya kesehatan yang mendukung usahanya, dan kesehatan itu pun dari Tuhan. Ia bisa berhasil karena orang-orang di sekitarnya tidak menggagalkan usahanya atau malah mendukung usahanya. Ini pun anugerah umum dari Tuhan.

Frasa ‘menetapkan langkahku’ bisa berarti ‘membuat langkahku teguh / stabil’. Ini adalah hal yang sangat amat penting bagi seorang prajurit. Sedikit saja ia terpeleset di medan perang, risiko kematiannya akan meningkat sangat banyak. Pelari tercepat akan kalah ketika ia terpeleset satu kali saja. Ada banyak hal kecil yang bisa menggagalkan usaha kita jika Tuhan tidak menyertai dan membuat langkah kita teguh.

Pertanyaan renungan: Sadarkah kita bahwa dalam keberhasilan apapun selalu ada pertolongan Tuhan yang tidak terlihat dan sering tidak disadari? Maukah kita berdoa dan mengakui bahwa Tuhan-lah yang membuat kita teguh? Maukah kita hidup semakin bergantung pada Tuhan?

Bitnami