Latest Post

SING PRAISE TO THE FATHER (NYANYIKAN PUJIAN UNTUK BAPA)

Categories: Hymn Stories

Teks: Clarkson, Margaret (08 Juni 1915)

Musik: Doane, William H. (03 Februari 1832 – 24 Desember 1915)

Dengan menggunakan struktur trinitas, setiap bait dalam nyanyian rohani ini secara berturut-turut memanggil kita untuk menyanyikan pujian kepada Bapa, Juruselamat, dan Roh, berfokus pada peran dari setiap Pribadi Allah dalam pekerjaan penebusan. Sebagai tanggapan terhadap panggilan setiap bait, bagian refrainnya adalah pemujaan “bagi anugerah yang menebus, kasih yang membuat penuh.”

Dengan sudut pandang dari surat Paulus kepada jemaat di Roma, bait pertama menyoroti tindakan Allah Bapa, pribadi Ia, yang tidak menyayangkan Anak-Nya sendiri, tetapi yang menyerahkan-Nya bagi kita semua, bagaimanakah mungkin Ia tidak mengaruniakan segala sesuatu kepada kita bersama-sama dengan Dia? (Roma 8:32). Uraian paulus kepada jemaat di Korintus mengenai kasih karunia Sang Putra Karena kamu telah mengenal kasih karunia Tuhan kita Yesus Kristus, bahwa Ia, yang oleh karena kamu menjadi miskin, sekalipun Ia kaya, supaya kamu menjadi kaya oleh karena kemiskinan-Nya. (2 Korintus 8:9) dicerminkan dalam bait kedua. Bait ketiga secara luas menyoroti ajaran Paulus mengenai pekerjaan Roh Kudus dalam penebusan, khususnya dalam Roma 8 dan 1 Korintus 12. Bait yang terakhir menggabungkan dan memuncak pada panggilan untuk memuji Allah Tritunggal yang memberikan keselamatan.

Nyanyian rohani Margaret Clarkson akan menjadi pembuka yang sangat baik untuk ibadat, terutama dalam gereja di mana melodi lagu injil disukai. Selain itu, lagu ini bisa digunakan dengan sepatutnya untuk menanggapi khotbah yang diambil dari tulisan Paulus tentang keselamatan, khususnya yang disebutkan di Roma dan 1 serta 2 Korintus. Setiap kelompok yang berbeda di dalam Gereja dapat menyanyikan setiap bagian dari ketiga bait pertama, dan semua ikut serta ketika menyanyikan refrain dan bait terakhir. Pengaturan untuk organ, piano, terompet, dan trombon dicantumkan dalam buku-buku iringan keyboard dan iringan alat musik kuningan.

Author: Gracelia Cristanti