Latest Post

“ Pada Tengah Malam Terdengar Pujian” (It Came Upon the Midnight Clear)

Categories: Uncategorized

“it Came Upon the Midnight Clear” adalah hymne tentang kelahiran Kristus yang sangat terkenal yang dinyanyikan setiap hari Natal di seluruh dunia. Lirik   hymne ini ditulis oleh Edmund H. Sears (1819 – 1900).  Lagu ini tidak lain berbicara tentang berita

pengharapan dan damai sejahtera yang disampaikan oleh para malaikat.

Salah satu hymne Natal pertama yang ditulis oleh seorang penulis Amerika dan di terbitkan di Christian Register pada tahun 1849, “It Came Upon the Midnight Clear” menekankan makna sosial dari berita para malaikat yaitu damai sejahtera dan kemurahan bagi sesama yang sedang mengalami masalah sosial.

Penulis teks lagu ini berlangsung pada suatu masa dalam sejarah Amerika dimana terjadi banyak keresahan termasuk ketegangan antara Utara dan Selatan dan gejolak sosial sebagai akibat revolusi industri.

Hymne ini ingin mengajak orang-orang yang mengalami begitu banyak kesulitan untuk sekali lagi mendengar nyanyian para malaikat. Bait terakhir dari hymne ini merupakan optimisme yang penuh harapan. ‘….., namun hari yang mulia, pasti akan tiba. Raja damai kan datanglah, menyambut umat-Nya. S’luruh dunia akan penuh sejah’tra penebus’

Biarlah berita  damai sejahtera dan pengharapan yang sampaikan oleh para malaikat “Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud” terus terdengar di tengah-tengah kesulitan hidup kita. Amin.

Author: gracelia Christanti

Bitnami