Latest Post

Akulah TUHAN, Allahmu, yang membawa engkau keluar dari tanah Mesir, dari tempat perbudakan (Keluaran 20:2)

Bagaimana Allah memperkenalkan diri-Nya kepada bangsa Israel? Pertama-tama Allah menyatakan diri-Nya sebagai Pencipta atas seluruh ciptaan (Kejadian 1:1). Kedua Allah menyatakan diri-Nya sebagai Pembebas bangsa Israel secara khusus (Keluaran 20:2). Allah yang menguasai seluruh ciptaan memanggil bangsa Israel secara khusus untuk menjadi umat-Nya.

Allah menyatakan kalimat dalam Keluaran 20:2 sebelum Ia menyatakan sepuluh perintah. Ia mengingatkan bangsa Israel akan siapa yang memberikan kepada mereka hukum Taurat. Dahulu bangsa Israel berada di bawah pemerintahan dan perbudakan Mesir. Namun setelah dibebaskan, bangsa Israel berada di bawah pemerintahan Allah. Setelah menegaskan kepada Israel akan siapa yang membebaskan mereka, Allah memberikan hukum Taurat.

Allah membebaskan bangsa Israel bukan agar mereka hidup seenaknya sendiri. Ketika bangsa Israel memberontak terhadap Allah, mereka kembali hidup dalam kekacauan dan penindasan. Allah memberikan mereka sistem hidup yang baru melalui hukum Taurat. Allah tidak mau mereka hidup dalam dosa. Hukum Taurat diberikan untuk membebaskan Israel dari sistem hidup yang lama yang begitu rusak.

Pertanyaan renungan: Apakah kita selalu mengingat siapa Pembebas kita? Sadarkah kita bahwa perintah Tuhan itu memerdekakan dan bukan mengurung kita? Apakah kita sudah menjalani hidup yang baru dengan sistem yang baru dari Tuhan?

Bitnami