Latest Post

Kapan kita bisa mengatakan bahwa kita memahami Firman Tuhan? Dalam buku ‘The Doctrine of the Christian Life’ John Frame menulis:

“Engkau tidak bisa mengerti Firman Tuhan dengan tepat sampai engkau bisa menerapkannya, sampai engkau melihat bagaimana Firman Tuhan itu diterapkan dalam berbagai situasi. Ini poin yang sulit, namun penting. Jika seseorang berkata ia mengerti perintah ‘jangan mencuri,’ namun tidak mengerti dalam situasi apa perintah ini diterapkan (misalnya penggelapan dana, tidak membayar pajak, dan mengutil), maka ia belum benar-benar mengerti perintah itu. Mengerti Alkitab, mengerti maknanya, berarti juga mengerti penerapannya dalam berbagai situasi. Orang yang mengerti Alkitab adalah orang yang dapat menggunakannya untuk menjawab pertanyaan-pertanyaannya, untuk memandu hidupnya. Seperti yang telah saya katakan, teologi adalah aplikasi.”

Seberapa mengertikah kita akan Firman Tuhan? Apakah kita sudah menerapkan Firman Tuhan? Sudahkah kita memikirkan situasi-situasi di mana perintah Tuhan diterapkan?

Bitnami