Latest Post

Katekismus Heidelberg P22 – Apa yang Kita Imani?

Categories: Renungan Harian

Renungan harian

3 Mei 2021

Katekismus Heidelberg

P22 – Apa yang Kita Imani?

Pert. Apa yang perlu diimani oleh seorang Kristen?

Jaw. Segala sesuatu yang dijanjikan kepada kita dalam Injil (a). Isi pokoknya diajarkan kepada kita melalui Pasal-pasal Pengakuan Iman Kristen yang am dan pasti.

(a) Yoh 20:31.

Allah memberikan janji dan kita harus percaya. Kita percaya bahwa Allah itu maha kuasa dan tidak mungkin berdusta, sehingga semua janji-Nya pasti tergenapi. Mazmur 12:7 Janji TUHAN adalah janji yang murni, bagaikan perak yang teruji, tujuh kali dimurnikan dalam dapur peleburan di tanah. Mazmur 18:31 Adapun Allah, jalan-Nya sempurna; janji TUHAN adalah murni; Dia menjadi perisai bagi semua orang yang berlindung pada-Nya.

Di dalam sejarah, Gereja merumuskan pengakuan-pengakuan iman berdasarkan Alkitab untuk menegaskan apa yang Gereja percaya dan apa yang Gereja lawan. Pengakuan iman disusun secara sistematis dan sesuai konteks Gereja pada saat itu. Namun ini bukan berarti bahwa pengakuan iman itu tidak lagi berlaku pada masa kini. Sebaliknya Gereja bisa mempelajari dan mengembangkan lebih jauh demi menegakkan pengajaran yang benar.

Poin-poin yang singkat dan sederhana merumuskan apa inti yang orang Kristen harus percaya. Tentu saja pengakuan iman tidak dapat menjelaskan semua hal yang tertulis dalam Alkitab, namun pengakuan iman bisa mengarahkan orang Kristen untuk menemukan apa saja hal-hal esensi yang harus dipercaya.

Author: Tommy Suryadi