Latest Post

Katekismus Heidelberg P20 – Syarat Keselamatan Kita

Categories: Renungan Harian

Renungan harian

19 April 2021

Katekismus Heidelberg

P20 – Syarat Keselamatan Kita

Pert. Apakah semua orang diselamatkan oleh Kristus, sama seperti mereka telah terkutuk oleh karena Adam?

Jaw. Tidak semua orang (a), tetapi hanya mereka yang oleh iman yang sejati dijadikan anggota tubuh-Nya dan menerima seluruh karunia-Nya (b).

(a) Mat 7:14. (b) Yoh 1:12.

Tuhan Yesus Kristus telah mengorbankan diri-Nya untuk menebus dunia. Ini tidak berarti bahwa semua manusia telah mendapatkan keselamatan itu. Alkitab menyatakan bahwa ada satu syarat agar manusia mendapatkan keselamatan itu yaitu ia harus beriman kepada Tuhan Yesus Kristus. Tidak ada syarat lain yang perlu ditambahkan atau yang bisa menggantikan syarat ini.

Perbuatan baik bukanlah syarat keselamatan tetapi hasil atau buah keselamatan. Ketika seseorang beriman kepada Tuhan Yesus Kristus maka ia menjadi anggota tubuh Kristus, menerima seluruh karunia-Nya, dan diperlengkapi untuk melakukan perbuatan baik yang sudah dipersiapkan Allah sebelumnya.

Memberikan respons terhadap kabar baik itu merupakan bagian yang tidak terhindarkan dari hidup setiap orang. Allah tidak memaksa seorang pun untuk menerima atau menolak Injil-Nya. Inilah kebebasan yang Ia berikan kepada setiap manusia. Manusia harus membuat pilihannya dan menerima segala konsekuensi dari pilihan tersebut.

Author: Tommy Suryadi