Latest Post

Jalan Salib Perlu-lah Korban

The Way of The Cross

 

Lirik lagu ini ditulis oleh Mary E. Maxwell sedangkan musiknya ditulis oleh Ada R. Gibbs. Mereka adalah musisi Kristen pada akhir 1800an. Tidak banyak catatan tentang mereka berdua. Namun Lagu yang mereka tulis dikenal oleh banyak orang Kristen di seluruh dunia. Bukan hanya itu saja, bahkan lagu mereka menjadi berkat bagi banyak orang Kristen. Karena liriknya yang begitu itu membawa kita pada pengenalan akan Kristus yang tersalib. Melodinya sendiri membawa kita pada nuansa berat dan penuh pergumulan namun dalam suatu kerelaan.

Pengenalan akan “salib” merupakan salah satu ajaran yang sangat ditekankan dalam alkitab. Bahkan para teolog memikirkan “teologi salib” (Theology of The Cross). Salah satu teolog yang sangat mengangkat ini adalah Martin Luther (10 November 1483 – 18 Februari 1546). Berdasarkan 1 Korintus 1:18, “Sebab pemberitaan tentang salib memang adalah kebodohan bagi mereka yang akan binasa, tetapi bagi kita yang diselamatkan pemberitaan itu adalah kekuatan Allah.” Dimana menyatakan keunikan dari ajaran kekristenan akan salib yang dipandang sebagai kebodohan bagi yang diluar Tuhan.  Ia menekankan bahwa melalui saliblah kita dapat mengenal siapa Allah dan bagaimana Allah menyelamatkan kita yang adalah manusia berdosa.

Bukan hanya itu saja, dalam Markus 8:34 dikatakan “Setiap orang yang mau mengikut Aku (Kristus), ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku.” Ini merupakan salah satu ajaran penting dan sangat ditekankan dalam injil Markus. Bahwa setiap orang Kristen harus memikul salibnya sebagai wujud meneladani Kristus. Dalam lirik lagu ini dikatakan bahwa jalan salib itu adalah pengorbanan. Artinya sebagai orang Kristen sejati kita harus siap untuk berkorban demi Kristus, sebagaimana Kristus sudah terlebih dahulu berkorban agar setiap kita yang percaya kepadaNya memperoleh hidup yang kekal. Pengorbanan ada banyak hal: mengorbankan keuntungan dan kenikmatan sendiri, tidak lagi hidup dalam dosa. Bahkan kita rela melepaskan semua kebanggaan kita dan menganggapnya sampah supaya memperoleh Kristus (Filipi 3:8). Kiranya Roh Kudus memampukan kita untuk menjalani jalan salib dengan setia sampai akhir dimana kita bertemu dengan Kristus, Tuhan dan Juruselamat kita.

Jalan Salib Perlu-lah Korban

Categories: Hymn Stories

The Way of The Cross

Author: gracelia Christanti

Bitnami