Latest Post

Ibadah Umum Pertama

Categories: Renungan Harian

Lahirlah seorang anak laki-laki bagi Set juga dan anak itu dinamainya Enos. Waktu itulah orang mulai memanggil nama TUHAN (Kejadian 4:26)

Sejak manusia pertama jatuh ke dalam dosa, kemanusiaan terpisah dari Allah. Habel adalah orang pertama dari keturunan Adam yang beribadah kepada Tuhan secara pribadi dengan iman. Namun ia dibunuh oleh Kain yang tidak beriman. Belasan ayat berikutnya menggambarkan kejahatan manusia yang semakin parah di muka bumi. Tidak ada satupun dari mereka yang peduli terhadap Allah dan ibadah kepada-Nya. Di dalam waktu, manusia semakin menjauh dari Allah.

Bagian cerita berikutnya memberikan pengharapan yang baru. Setelah Enos lahir, dikatakan bahwa orang-orang mulai memanggil nama Tuhan. Beberapa penafsir menyatakan bahwa ayat ini berbicara tentang ibadah umum yang dimulai oleh manusia. Di samping generasi yang terus memberontak terhadap Tuhan, ada generasi yang secara terbuka bersama-sama beribadah kepada-Nya. Relasi dengan Tuhan yang dahulu rusak menjadi pulih. Kita harus menjadi generasi yang senantiasa memanggil nama Tuhan di tengah zaman yang bengkok dan tidak mau beribadah ini.

Author: Tommy Suryadi

Bitnami