Latest Post

 Di Atas Salib di Kalvari

Down At The Cross

 

Lagu ini dalam bahasa inggrisnya dikenal dengan judul “Glory to His Name” dan juga “Down At The Cross”. Lagu ini adalah sebuah lagu yang dituliskan oleh Elisha A. Hoffman pada 1878. Ia lahir pada 7 Mei 1839 di Pennsylvania. Ayahnya adalah seorang aktif dalam melayani di gereja. Dari kecil Hoffman sudah mengikut Kristus. Pada 1868, dia diteguhkan untuk terlibat dalam pelayanan penginjilan di suatu lembaga penginjilan di Cleveland selama 11 tahun. Dia juga menggembalakan salah satu gereja di Cleveland, Grafton, Michigan dan Illinois yang jarak masing-masing tempat berjauhan. Kemudian pada saat berumur 33 tahun, dia kembali ke Pennsylvania. Di sana ia menggembalakan Gereja Presbyterian. Selama hidupnya, ia mengedit 50 buku lagu-lagu kristen dan menulis lebih dari 2000 lagu kristen khususnya bertemakan penginjilan.

Puisi ini pun diberikan gubahan musik oleh John Hart Stockton. Ia dilahirkan pada 19 April 1813. Waktu kecilnya dia didik dalam gereja Presbyterian, tapi kemudian pada umur 19 tahun berpindah ke Methodist. Dia diteguhkan sebagai penatalayan di Methodist dan sangat aktif terlibat dalam setiap pelayanan yang ada. Pada 1874, karena kesehatan yang menurun, dia tidak bisa lagi melayani secara penuh tapi tetap menjalankan tugas penginjilan secara pribadi. John Hart Stockton meninggal pada 25 Maret 1877.

Ada yang menceritakan bahwa waktu itu Hoffman sedang membaca mengenai penyaliban Tuhan Yesus. Dan dia pun merenung akan bagaimana Tuhan menyelamatkan manusia berdosa dengan rela mengorbankan AnakNya mati disalib. Kemudian dia menuliskan puisi lagu ini yang awalnya diberi judul “Glory to His Name”. Ketika merenungkan kembali akan pengorbanan Kristus yang luar biasa di atas salib, tidak bisa kita sangkali bahwa Dia layak dipuji dan disembah. Dia-lah Allah yang menebus kita yang berdosa. Hanya bagi Dia-lah kemuliaan, hormat dan pujian. Amin.

Di Atas Salib di Kalvari

Categories: Hymn Stories

Author: gracelia Christanti

Bitnami