Latest Post

Bukakan Mataku Tuhan

Open My Eyes, That I May See

Lagu ini ditulis ole Clara Scott (3 Desember 1841- 21 Juni 1897). Ia adalah seorang composer yang karya-karyanya sudah hampir hilang, kecuali lagu yang terkenal ini yang masih tersisa dan sering dinyanyikan. Ia dilahirkan di Elk Grove, Illinois. Pada tahun 1856 ia belajar di Cady’s Musical Institute di Chicago dan kemudian mengajar musik di satu seminari wanita di Lyons, lowa. Lima tahun kemudian ia menikah dengan Hendry Clay Scott. Clara juga menulis banyak karya musik vocal dan instrumental, dan menerbitkan sebuah buku lagu gereja, The Royal Anthem Book. Pada tanggal 21 Juni 1897, di Dubuque, lowa, Clara Scott meninggal akibat jatuh dari kereta setelah dihantam oleh kuda.

Hymne ini dimulai dengan kalimat dari Mazmur 119:18, singkapkanlah mataku, supaya aku memandang keajaiban-keajaiban dari Taurat-Mu. Ini adalah sebuah doa yang bersumber dari kebenaran Firman Allah. kita berdoa supaya Tuhan “membuka mata” kita sehingga dapat melihat Kristus dalam pengalaman sehari-hari, sebagaimana juga Kleopas dan temannya yang sedang dalam perjalanan ke Emaus (Lukas 24:31).

Bait kedua mengingatkan kita pada peringatan Tuhan Yesus tentang “telinga untuk mendengar” (Matius 11:15, 13:19; Markus 4:9, 23; 7:16; Lukas 8:8).

Bagian ketiga kembali mengingatkan kita untuk bersaksi dan mengajarkan kebenaran Allah dengan mulut kita kepada orang lain (2 Timotius 2:2), supaya mereka juga boleh mendengar dan menerimanya.

Refrein lagu ini merupakan suatu doa Persiapan bagi pencerahan Roh Kudus. Hanya Roh Kudus yang dapat membuka mata untuk melihat keajaiban Taurat Tuhan, telinga untuk mendengar Firman-Nya, dan hati untuk menerimanya dengan sukacita.

 

 

Bukakan Mataku Tuhan

Categories: Hymn Stories

Author: gracelia Christanti

Bitnami