Latest Post

Apa salah satu tujuan Alkitab diberikan bagi kita? Dalam buku ‘The Doctrine of the Christian Life’, John Frame menjawab:

“Salah satu tujuan Alkitab adalah untuk mendukung/mendorong tingkah laku yang etis. Bagian yang terkenal yaitu 2 Timotus 3:16-17 berbunyi ‘Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. Dengan demikian tiap-tiap manusia kepunyaan Allah diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik.’ [Terj. Inggris: All Scripture is breathed out by God and profitable for teaching, for reproof, for correction, and for training in righteousness, that the man of God may be competent, equipped for every good work.] Perhatikan fokus pada etika di sini. Allah menghembuskan kata-kata Alkitab  supaya kita bisa dilatih dalam kebenaran, agar kita diperlengkapi untuk setiap perbuatan/pekerjaan baik. Tentu saja Alkitab memiliki tujuan-tujuan lain. Banyak yang menekankan bahwa Alkitab bersaksi tentang Kristus, dan memang Alkitab melakukan itu (Luka 24:7; Yohanes 5:39). Namun Alkitab menyajikan Kristus sebagai Pribadi yang memperlengkapi kita menjadi terang dunia (Matius 5:14). Maka dari itu, banyak bagian Alkitab ditujukan untuk mendefinisikan dan mendorong pekerjaan/perbuatan baik kita.”

Maukah kita dilatih dan diperlengkapi oleh Alkitab untuk setia melakukan pekerjaan baik? Sudahkah kita menempatkan pembacaan dan pendalaman Alkitab sebagai aktivitas yang sangat penting dan prioritas?

Bitnami