Latest Post

Anug’rah Kristus Besarlah

(Now in a song of grateful praise)

Music: Lowell Mason

Lyric: Samuel Medley

Musik dari lagu ini ditulis oleh Lowell Mason. Dia lahir pada 8 Januari 1792 di Massachusetts, Amerika. Dia adalah salah satu musisi gereja yang sangat dikenal di Amerika. Dia sudah menulis musik untuk hymn sebanyak 1600 hymn tunes, banyak dari lagu-lagu tersebut sering dinyanyikan sampai sekarang ini. Dia dibesarkan di Georgia, Amerika. Karena sangat tertarik dengan musik, kemudian dia belajar musik dibawah bimbingan Frederick L. Abel. Di kemudian hari, dia diangkat menjadi Direktur musik dan juga menjadi pemain organ di salah satu gereja Presbyterian Amerika. Atas inisiatifnya, gereja tersebut membuka sekolah minggu untuk anak-anak yang berkulit hitam Amerika. Dia juga sangat dipengaruhi oleh karya-karya Handel, Haydn, dan Mozart.

Samuel Medley lahir pada 23 Juni 1738. Dia bertobat ketika mendengarkan kotbah Dr. Watts tentang Yesaya 42:6-7. Kemudian dia bergabung dengan Gereja Baptis di London. Dia melayani di sana. Pada 1767 dia menjadi pendeta di Gereja Baptis. Sesudah itu dia melayani di suatu gereja di Liverpool yang mempunyai jemaat lebih banyak. Di sana dia melayani kira-kira 27 tahun. Pada 17 Juli 1799, dia meninggal karena sakit yang parah. Dia menuliskan lagu-lagu yang secara khusus sangat populer di gereja-gereja Calvinis. Jumlah lagu yang dia tulis kurang lebih 230 lagu. Lagu-lagunya seringkali mengekspresikan pengalaman rohani kristen dan dengan semangat penyembahan. Dan seringkali berisikan mengenai anugerah keselamatan hanya dalam Yesus Kristus.

Demikian isi dari lagu “Anug’rah Kristus Besarlah”. Lagu ini memaparkan dengan jelas betapa luar biasanya Anugerah keselamatan dalam Kristus itu. Tuhan Yesus Kristus sudah mengerjakan karya keselamatan itu dengan sempurna. Anugerah itu luar biasa. Semua itu Dia kerjakan karena Kasih-Nya yang besar.

 

Anug’rah Kristus Besarlah

Categories: Hymn Stories

Author: Gracelia Cristanti