Latest Post

Siapakah seperti orang berhikmat? Dan siapakah yang mengetahui keterangan setiap perkara? Hikmat manusia menjadikan wajahnya bercahaya dan berubahlah kekerasan wajahnya. (Pengkhotbah 8:1)

Siapakah seperti orang berhikmat? Benson Commentary menyatakan “There are few wise men in this world” (jumlah orang bijak itu sedikit di dunia ini). Orang berhikmat memiliki keunikannya sendiri. Alkitab menyatakan bahwa orang berhikmat itu memiliki suatu keunggulan yang tidak dimiliki orang lain (yang tidak berhikmat) yaitu ‘mengetahui keterangan setiap perkara’ (NIV: mengetahui penjelasan untuk setiap hal. ESV, KJV, NASB: mengetahui penafsiran terhadap sesuatu).

Hikmat itu tidak hanya memengaruhi hati dan pikirannya. Ayat ini menyatakan bahwa hikmat itu juga memengaruhi wajahnya sehingga menjadi ‘bercahaya’ dan ‘tidak keras’. Apa maksudnya? Beberapa penafsir menyatakan bahwa wajah yang bercahaya itu merefleksikan kedamaian hati nurani dan ketenangan pikiran dan bahwa wajah yang keras itu merefleksikan kebebalan hati dan kekasaran sikap.

Jadi hikmat, walaupun mungkin tidak selalu mengubah situasi, pasti mengubah diri orang yang memilikinya. Uang bisa mengubah situasi seseorang (dari miskin menjadi kaya serta mengubah status sosialnya di masyarakat), namun hikmat-lah yang bisa mengubah diri. Keduanya (uang dan hikmat) sama-sama penting dan baik (lihat Pengkhotbah 7:11), namun hikmat memiliki kelebihannya sendiri (lihat juga Pengkhotbah 7:12).

Siapakah seperti orang berhikmat? Maukah kita menjadi seperti orang itu?

Bitnami