Latest Post

Mengapa kita harus melihat kebenaran dari berbagai perspektif? Dalam buku ‘The Doctrine of the Christian Life’ John Frame menulis:

“Mengapa kita harus memakai lebih dari satu perspektif? Alasannya berkenaan dengan keterbatasan kita dan dosa. Allah mengetahui semua kebenaran secara serentak dari semua perspektif. Dia tahu seperti apa dunia ini di mata seekor siput. Namun Anda dan saya itu terbatas, tidak maha tahu. Kita hanya bisa melihat sebagian realitas pada satu waktu. Itu berarti kita melihat dunia hanya dari satu perspektif dalam satu waktu. Karena itu, adalah baik untuk kita melihat dari perspektif-perspektif yang lain. Seperti orang buta yang harus meraba kaki gajah, kemudian belalainya, badannya, kepalanya, dan ekornya untuk mendapatkan gambaran yang cukup mengenai seekor gajah, kita harus bergerak dari satu perspektif ke perspektif lainnya untuk mendapatkan pengertian lengkap dari dunia Allah.”

Apakah selama ini kita membatasi diri kita untuk melihat dengan hanya satu perspektif? Maukah kita mencoba melihat dari perspektif yang lain? Maukah kita mengerti kebenaran dengan lebih komprehensif?

Bitnami