Latest Post

Dalam buku “Mengapa Percaya?” (SAAT, 2013), R. C. Sproul menulis “Ancaman Kedaulatan. Jika ada sesuatu tentang Allah yang menimbulkan reaksi psikologi negatif, maka itu adalah hukum-Nya. Hukum Allah itu bertentangan dengan semua kepentingan pribadi kita. Jika Allah ada, maka saya tidak bebas bertindak sesuka hati saya. Saya mungkin memiliki sedikit kebebasan, tetapi saya tidak mungkin ‘memiliki otonomi’. Saya tidak mungkin memiliki hak mutlak untuk ‘melakukan apa yang saya suka’. Tetapi jika Allah tidak ada, seperti dikatakan oleh Dostoyevsky, ‘semua hal boleh dilakukan’. Dengan demikian kedaulatan Allah bertentangan dengan keinginan diri saya yang jahat. Godaan yang mula-mula diberikan oleh ular adalah, ‘Sekali-kali kamu tidak akan mati…, dan kamu akan menjadi seperti Allah’ (Kejadian 3:4-5). Jika Allah ada, saya tidak mungkin menjadi Allah. Hasrat akan kebebasan yang mutlak sangat kuat dalam hati manusia yang jahat. Untuk mendapatkan kebebasan semacam ini Allah harus dihancurkan atau diingkari. ‘Kekuasaan lebih tinggi’ yang samar-samar itu adalah Allah tanpa kedaulatan, Allah tanpa hukum.”

Inilah mengapa kedaulatan Allah sulit diterima. Konsep kedaulatan Allah bisa dengan mudah dimengerti oleh rasio, namun belum tentu mudah diterima oleh hati. Kedaulatan Allah berarti Ia berdaulat atas hidup kita dan Ia-lah yang merancang hidup kita. Kita bisa memiliki rencana hidup, namun pada akhirnya rencana Allah-lah yang terjadi. Kita memiliki kehendak, namun kehendak Allah-lah yang pasti terjadi. Ini semua terdengar mengesalkan, namun sebagai orang Kristen  kita memahami bahwa Allah yang berdaulat itu juga adalah Allah yang baik dan penuh belas kasihan. Ia paling mengetahui apa yang terbaik bagi kita. Ketika kita taat kepada-Nya, itu pun suatu keuntungan bagi kita. Maka dari itu kita bisa dengan sepenuh hati menerima kedaulatan Allah serta bernyanyi ‘kehendak-Mu jadilah.’

“Ya Bapa-Ku, jikalau Engkau mau, ambillah cawan ini dari pada-Ku; tetapi bukanlah kehendak-Ku, melainkan kehendak-Mulah yang terjadi.” (Lukas 22:42)

Bitnami