Latest Post

Apa salah satu relasi antara Alkitab dan etika Kristen? Dalam buku ‘The Doctrine of the Christian Life’, John Frame menjawab:

“Dalam satu pengertian, segala hal dalam Alkitab bersifat etis. Bahkan ketika Alkitab menguraikan proposisi doktrinal, Alkitab menyajikannya sebagai proposisi yang harus dipercaya. Kata ‘harus’ di sini adalah harus yang bersifat etis. Memang, semua isi Alkitab harus dipercaya dan dilakukan. Seluruh Alkitab adalah etika. Tentu saja, Alkitab tidak hanya mengenai etika. Alkitab juga berisi narasi, karena untuk mengerti sejarah penebusan kita harus melihat seluruh tulisan dalam Alkitab. Jadi seluruh Alkitab adalah narasi dan juga etika. Sama halnya, seluruh Alkitab adalah kebenaran doktrinal, hikmat, penginjilan, apologetika, dan lainnya. Namun kita belum mengerti Alkitab sampai kita mengerti etika di dalam Alkitab.”

Kita semua hidup dengan etika kita masing-masing. Apakah etika yang kita pegang adalah etika yang bersumber dari Alkitab? Atau kita selama ini hanya memegang etika lingkungan atau suku? Maukah kita mereformasi etika kita sehingga kita hidup berdasarkan etika Kristen?

Bitnami