Latest Post

Maju Laskar Kristen

Onward, Christian Soldiers

 

            Lagu ini dikarang oleh Sabine Bring-Gould. Ia lahir di Inggris pada tahun 1834. Keluarganya yang kaya menyekolahkannya di Inggris, Jerman dan Prancis. Ketika lulus dari universitas pada tahun 1864, ia menyambut panggilan Tuhan untuk mejadi pendeta. Gereja pertama yang digembalakannya terdiri atas orang-orang miskin yang kebanyakan adalah buruh pabrik dan buruh tambang batu bara. Sebelum masa pelayanannya di situ, nyaris tidak ada penjangkauan yang bersifat penginjilan di tempat itu.

            Sepanjang masa hidupnya yang mencapai 90 tahun (hingga tahun 1924) Pdt. Bring-Gould selalu rajin bekerja. Ia menulis 85 buku tentang agama, petualangan, ada-istiadat, dongeng, sejarah, roman, dan biografi. Ia menerjemahkan buku-buku dari bahasa Denmark, menyusun dua koleksi nyanyian rohani, dan menerbitkan majalah triwulan tentang kesenian dan kesusastraan agama. Semuanya itu dikerjakannya dengan tulisan tangan sendiri, tanpa bantuan sekretaris.

            Sabine Bring-Gould mengarang dan menerjemahkan beberapa nyanyian pujian. Di antaranya adalah Onward Christian Soldiers / Maju Laskar Kristus. Ia mengarang lagu ini pada tahun 1865 ketika masih menggembalakan Gereja kecil di desa parah buruh pabrik dan buruh tambang batu bara. Pada tahun itu ada hari besar keagamaan yang akan dirayakan. Anak-anak sekolah dari desa itu berbaris ke desa tetangga. Mereka bergabung dengan anak-anak dari gereja di sana dalam suatu acara semacam arak-arakan agama. Pdt. Bring-Gould ingin anak-anak itu bernyanyi sambil berbaris. Tetapi ia belum menemukan nyanyian Kristen yang cocok untuk maksud tersebut. Malam hari sebelum arak-arakan itu, ia tidak dapat tidur. Pikirannya melayang jauh ke Amerika Serikat yang sedang dilanda Perang Saudara yang dahsyat. Atas dasar pikiran itu, dalam waktu seperempat jam, Pdt. Sabine Bring-Gould berhasil menulis kata-kata yang kemudian menjadi terkenal. Keesokan harinya, anak-anak menyanyikan lagu baru itu. Empat tahun kemudian, lagu itu diterbitkan baik di Inggris maupun Amerika Serikat. Kini umat Kristen di seluruh dunia menyanyikannya.

            Pdt. Sabine Bring-Gould sendiri menggubah melodi untuk syair lagu ciptaannya itu, tetapi melodi ciptaannya itu tidak begitu terkenal. Yang terkenal hingga kini adalah melodi karangan Arthur S. Sullivan (1842-1900). Arthur Sullivan menggubah melodi baru untuk syair terkenal karangan Sabine Bring-Gould itu pada tahun 1871 pada saat berkunjung ke rumah teman-temannya. Dengan menggunakan orgel mini, ia mengajarkan mereka melantunkan melodi yang kini terdengar di mana-mana yang merupakan “Lagu Mars Orang Kristen.” Lagu ini mengingatkan kita akan janji kemenangan dalam peperangan rohani. Dengan Kristus yang memimpin dan dengan kesatuan dalan pengharapan, doktrin dan kasih, Gereja akan tetap tegak berdiri menghadapi serangan dahsyat kuasa kegelapan.

 

Maju Laskar Kristen Onward, Christian Soldiers

Categories: Artikel,Hymn Stories

Author: gracelia Christanti

Bitnami