Latest Post

Juruselamat yang Ajaib

Musik dan Lirik: Elisha A. Hoffman

            Elisha A. Hoffman dilahirkan di Pennsylvania pada 7 Mei 1839. Ayahnya adalah seorang penginjil yang melayani lebih dari 60 tahun. Sesudah lulus dari sekolah, Elisha mengambil kelas-kelas di Union Seminary of the Evangelical Association. Pendidikan musiknya sangat terbatas. Dia tidak pernah belajar musik secara formal di suatu sekolah. Tapi menjadi seorang musisi dengan belajar sendiri. Pertama kali dia menyukai musik adalah ketika dia suatu kali mendengar suara musik yang indah dalam rumahnya yaitu suara dari orang tuanya. Keluarganya sering mengadakan family worship pada pagi dan petang. Hal inilah yang membuat Elisha sangat mencintai musik sakral. Kemudian dia memperkembangkan kemampuan musiknya sendiri. Elisha Hoffman meninggal pada 25 November 1929 di Chicago. Ia berumur 90 tahun.

            Sepanjang umurnya, lebih dari 2000 hymn dia tuliskan dan juga menjadi salah satu editor kira-kira 50 buku lagu yang berbeda. Yang mana kemudian banyak menjadi berkat bagi dunia. Kebanyakan karya-karya musiknya, Hoffman menuliskan baik teks dan musiknya. Ia mempunyai prinsip dalam menuliskan suatu lagu: melodi itu lahir dari hati, kata-kata berhubungan dengan melodi, dan melodi harus dapat mengekspresikan apa yang kata-kata ungkapkan. Sepertinya ayahnya, Hoffman menjadi penginjil dan diangkat menjadi seorang pendeta di Presbyterian Church di Michigan. Pelayanan sangat berbuah dan khususnya melalui lagu-lagunya dia berkotbah kepada orang-orang yang hidup bertahun-tahun kemudian sampai kita sekarang.

            Lagu ini menyatakan bahwa Yesus Kristus adalah Juruselamat yang ajaib. Kenapa? Karena hanya Yesus yang dapat menebus manusia berdosa dengan darahNya yang kudus. Bukan hanya berhenti di situ saja. Setelah kita menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat kita, maka kita harus menyatakan komitmen hidup untuk tunduk dan taat pada perintah Tuhan di sepanjang umur kita.

 

Juruselamat yang Ajaib

Categories: Hymn Stories

Author: Gracelia Cristanti

Bitnami