Latest Post

John Huss

Categories: Biografi Tokoh Iman

John Huss adalah seorang filsuf, teolog dan tokoh reformator mula-mula. Ia lahir pada Juli 1369 di Hussinetz, Chekoslovakia. Pengajaran John Wycliffe sangat mempengaruhi John Huss, sehingga mendorongnya untuk mereformasi gereja Roma Katolik di daerah Chekoslovakia.

Pada 1393 ia mendapatkan gelar Bachelor of Arts dari Prague Univerity dan gelar S2-nya pada tahun 1396 dan ditahbiskan sebagai pastor pada 1400.

Pada 1402 Huss diangkat menjadi pengkotbah di gereja Bethlehem di Praha, ia pun mulai secara aktif menghidupkan kembali ajaran-ajaran John Wycliffe yang mengkritik beberapa doktrin gereja Roma Katolik. Antara lain, penggunaan uang berlebihan untuk kepentingan gereja, transubstantiation, indulgences (penghapusan dosa dengan perbuatan baik, doa dan surat penghapus dosa), serta pengakuan dosa lewat pastor. Huss juga diangkat menjadi rektor di Universitas Prague, bahkan diterima di istana raja. Secara bersamaan, Huss juga menerjemahkan dan membantu penerbitan serta distribusi buku-buku John Wycliffe di Chekoslovakia.

Pada 1410 secara tegas Paus melarang beredarnya buku-buku Wycliffe, namun demikian Huss masih saja terus menyuarakan ide-ide baru ini yang mengkritik gereja Roma Katolik. Bahkan saat itu sudah mulai terbentuk kelompok pengikut John Huss di kota Praha yang dinamakan “The Hussites” yang akhirnya diusir keluar dari kota Praha.

Setelah diselidiki oleh para Bishop utusan Paus, pada 1414 John Huss dicekal dan dijebloskan ke dalam penjara istana di Rhine. Selama masa ini Huss tetap bersikeras menolak menarik segala ajaran yang sudah ia sebarkan. Maka pada 1415 Huss diadili dan dinyatakan sebagai bidat, dan sebagai hukumannya ia dibakar hidup-hidup.

Sebelum kematiannya ini ada satu perkataan Huss yang terkenal sebagai semacam nubuat. Ia berkata: “Dalam 100 tahun Tuhan akan membangkitkan seseorang dimana panggilannya untuk mereformasi tidak akan bisa dibendung.” Dan perkataannya itu ternyata menjadi kenyataan. Hampir 100 tahun kemudian, pada tahun 1517, Martin Luther memakukan 95 Tesis Keberatan pada pintu gereja di Wittenberg.

Author: Lukman Sabtiyadi

Bitnami