Latest Post

IMAN UMAT-NYA YANG HIDUP

Lirik     : Frederick William Faber, 1849

Musik  : ST. CATHERINE

 Lirik lagu ini ditulis oleh Frederick William Faber pada tahun 1849 di Inggris untuk mengenang para martir yang memperjuangkan gereja-gereja di Inggris. Faber adalah seorang hamba Tuhan gereja Anglikan di Inggris. Pada tahun 1837, ia menjadi pendeta di salah satu gereja Inggris. Ia mempertahankan otoritas alkitab terjemahan inggris dalam pemerintahan Raja James. Ia mengatakan tentang alkitab: “Alkitab ini hidup dalam telinga pendengarnya seperti musik yang tidak pernah bisa dilupakan, seperti suara lonceng gereja, yang tidak dapat dilupakan oleh orang-orang yang bertobat karenanya.”

Lagu ini menyatakan mengenai iman kristen dan bagaimana kita mestinya meneladani iman orang-orang beriman kepada Tuhan dengan setia di dalam alkitab. Dalam Ibrani 11 menyatakan dengan jelas tentang iman kristen. Apa kata alkitab?

Ibrani 11:1-3

Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat. Sebab oleh imanlah telah diberikan kesaksian kepada nenek moyang kita. Karena iman kita mengerti, bahwa alam semesta telah dijadikan oleh firman Allah, sehingga apa yang kita lihat telah terjadi dari apa yang tidak dapat kita lihat.

Dalam Ibrani 11 begitu banyak disebutkan para pahlawan iman yang terus setia dan dipimpin Tuhan sepanjang hidup mereka: Habel, Henokh, Nuh, Abraham, Ishak, Yakub, Musa, Rahab dan lain-lain. Mereka beriman kepada Allah yang memelihara, melindungi, menguji dan menyertai umatNya. Demikian para martir yang mengalami penganiayaan dan penderitaan, namun iman mereka kokoh sampai kematian tiba. Ini serupa dengan teladan Kristus yang taat sampai mati di kayu salib. Karena ketaatan Kristus, maka setiap orang yang beriman kepada Kristus memperoleh keselamatan dan dimampukan mentaati kehendak Allah. Mari kita berdoa agar iman kita terus bertumbuh ke arah Kristus Sang Juruselamat kita.

IMAN UMAT-NYA YANG HIDUP

Categories: Hymn Stories

Author: gracelia Christanti

Bitnami