Latest Post

GLORIFY YOUR NAME (MULIAKANLAH NAMAMU)

Categories: Hymn Stories

Teks & Music: Adkins, Donna ( 18 Juni 1940, Louisville, KY)

Diperlengkapi dengan struktur tritunggal dalam ketiga baitnya, himne ini merupakan salah satu paduan pujian terbaik dari pertengahan tahun 1970-an. Ini adalah sebuah nyanyian pujian doa yang pertama-tama mengungkapkan kasih dan pengabdian kita yang rendah hati kepada Allah dan kemudian memanjatkan doa Yesus sendiri, “muliakanlah namamu!” (Yohanes 12:28 dan 17:1-5).

Nama Allah dimuliakan dalam penyelesaian pelayanan Kristus di bumi, dalam kesaksian setia gereja, yang adalah keluarga Allah, dan dalam pujian para malaikat dan orang suci di surga. Akan tetapi, sungguh mengejutkan bahwa nyanyian rohani ini tidak  menaikkan doa agar kemuliaan Allah terbukti dalam hal-hal yang biasanya dianggap sebagai hal-hal rohani — tidak, nyanyian rohani ini adalah doa agar kemuliaan Allah dinyatakan dari “seluruh bumi” (Lihat Mazmur 108:5, Yesaya 6:3). Nyanyian rohani ini memiliki  nuansa kosmik-biblika di dalamnya — bukan hanya jiwa kita yang terlibat, tetapi seluruh kehidupan kita, semua bangsa, dan, pada kenyataannya, seluruh ciptaan! itulah mengapa terdapat pengulangan permohonan “muliakanlah namamu di seluruh bumi”.

Nyanyian ini paling baik dinyanyikan dalam keselarasan dan mungkin tanpa iringan alat musik, setiap bait dapat dimulai agak tenang dan kemudian kresendo dengan setiap pengulangan doa. Pemimpin musik mungkin ingin menulis sebuah paduan suara untuk tiga kalimat terakhir. Ini merupakan doa pembuka yang tepat untuk awal ibadah dan sebuah doa yang indah setelah khotbah-khotbah yang menyatakan kemuliaan Allah.

Author: Gracelia Cristanti

Bitnami