Latest Post

Di Hatiku Ada Kidung Indah (In My Heart there Rings A Melody)

Categories: Hymn Stories

Ditulis oleh seorang hamba Tuhan injili bernama Elton Menno Roth (1891-1951). Ia lahir di Indiana, Amerika Serikat pada 27 November 1891. Ada waktu di hidupnya dimana ia begitu giat mengikuti pembelajaran alkitab yang diadakan oleh Fort Wayne (Indiana) Bible School dan the Moody Bible Institute di Chicago. Ia sering melayani bersama-sama lembaga-lembaga penginjilan ke berbagai tempat. Ia juga pernah menjadi mengajar musik di beberapa sekolah alkitab seperti Bible Institute dan Baptist Theological College di Los Angeles. ia menulis lebih dari 100 himne dan beberapa anthem. Ia meninggal pada 31 Desember 1951 di California.

Ada yang mencatat bahwa lagu “Di Hatiku Ada Kidung Indah” ditulis pada 1924. Nyanyian dalam kekristenan merupakan suatu ekspresi sukacita karena anugerah Tuhan di dalam Kristus. Sebagaimana diungkapkan di beberapa ayat alkitab demikian:

Kolose 1:12-14, dan mengucap syukur dengan sukacita kepada Bapa, yang melayakkan kamu untuk mendapat bagian dalam apa yang ditentukan untuk orang-orang kudus di dalam kerajaan terang. Ia telah melepaskan kita dari kuasa kegelapan dan memindahkan kita ke dalam Kerajaan Anak-Nya yang kekasih; di dalam Dia kita memiliki penebusan kita, yaitu pengampunan dosa.

Kolose 3:16, Hendaklah perkataan Kristus diam dengan segala kekayaannya di antara kamu, sehingga kamu dengan segala hikmat mengajar dan menegur seorang akan yang lain dan sambil menyanyikan mazmur, dan puji-pujian dan nyanyian rohani, kamu mengucap syukur kepada Allah di dalam hatimu.

Demikian yang dinyatakan dalam lagu ini. Tuhan-lah yang lebih dulu berkarya menjadi penebus bagi kita yang berdosa. Sehingga kita memiliki hidup yang baru di dalam Kristus. Hidup yang penuh harapan dan sukacita surgawi karena jaminan keselamatan dari-Nya.

Author: Lukman Sabtiyadi

Bitnami