Latest Post

Dalam Lautan yang Kelam

(Love lifted me)

       Lirik lagu ini ditulis oleh James Rowe (1865-1933). Salah satu penulis hymn yang begitu berbakat di abad ke-20. Rowe lahir di England tapi kemudian pergi ke Amerika Serikat. Sebelumnya dia bekerja sebagai railroad employee untuk beberapa lama, kemudian dia mendedikasikan hidupnya pada bidang sastra dan menulis lagu-lagu. Dia menulis lebih dari 19.000 puisi lagu hymn yang digubah oleh berbagai komposer. Salah satunya yaitu lagu ini.

        Musik dari lagu Love Lifted Me digubah oleh Howard E. Smith yang lahir pada 16 Juli 1863 di Connecticut. Dia dikenal sebagai musisi dan juga aktif melayani sebagai organis di Connecticut. Dia banyak menggubah lagu untuk hymn tapi hanya satu lagu ini yang begitu dikenal. Anak perempuan dari Rowe yang bernama Louise Rowe Mayhew mengatakan bahwa Howard Smith adalah seorang pria bertubuh kecil yang memiliki penyakit arthritis tapi tetap bisa bermain piano dengan baik. Ketika lagu Love Lifted Me sudah ditulis oleh Rowe, Smith langsung memainkan melodi dengan piano dan kemudian menuliskannya dalam suatu kertas.

        Dari tahun ke tahun, banyak orang mendapat berkat dari lagu ini. Pada bait  ke-1 menceritakan bahwa kita sebagai manusia berdosa itu seperti berada dalam lautan dosa yang dalam. Kita bisa keluar ketika Yesus datang menyelamatkan kita. Ini seperti cerita dalam Matius 14:30-31, Petrus tenggelam karena kehilangan kepercayaannya kemudian Yesus menolongnya. Pada bait ke-2 menceritakan mengenai komitmen kita ketika sudah menerima kasih yang menyelamatkan dari Kristus itu. Kita didorong untuk menyatakan syukur kita. Kemudian di bait ke-3, menyatakan penginjilan kepada orang lain. Keseluruhan lagu ini adalah lagu yang penuh sukacita karena keselamatan yang sudah dianugerahkan di dalam Yesus Kristus kepada kita sekalian manusia berdosa.

Dalam Lautan yang Kelam

Categories: Hymn Stories

(Love lifted me)

Author: gracelia Christanti

Bitnami