Latest Post

Batu Karang Yang Teguh

Edward Mote bukan berasal dari keluarga yang sangat mencintai Tuhan. Ia lahir di London pada tahun 1797. Orang tuanya memiliki usaha di London dan sering tidak memperhatikan anaknya ini. Setiap minggu, Mote kecil tidak ke gereja. Ia mengatakan bahwa dulu bahkan dia tidak tahu Tuhan itu ada atau tidak. Dia kagum atas firman Tuhan dan bertobat ketika berumur 18 tahun. Kemudian selama 37 tahun ia bekerja sebagai pembuat lemari. Ketika berumur 55 tahun, ia menjadi hamba Tuhan di salah satu gereja Baptist di Sussex. Karena kesehatan yang mulai menurun, sejak 1873, ia tidak bisa lagi melayani di gereja. Ia meninggal ketika berumur 77 tahun.

Mote menulis lagu ini ketika ia bekerja sebagai pembuat lemari. Di suatu pagi pada tahun 1834, Ia teringat akan Tuhan Yesus Kristus sebagai Batu Karang yang Teguh. Yang terdapat dalam 1 Korintus 10:4, “… batu karang itu ialah Kristus.” Ia terinspirasi untuk menulis puisi untuk tema tersebut. Lagu ini dikenal juga sebagai “Hymn of Grace.”

Musiknya ditulis oleh William Batchelder Bradbury pada tahun 1816. Ia dididik dalam keluarga yang mencintai musik. Awalnya, ia belajar organ. Pada tahun 1840, ia mulai mengajar musik di New York. Kemudian ia mendalami musik kembali pada tahun 1847 sampai 1854 di Jerman. Ia meninggal pada tahun 1863. Bradbury banyak menulis melodi-melodi dari puisi-puisi Kristen. Salah satunya adalah melodi dari lagu ini.

Bait pertama menyatakan kebergantungan pada Kristus. Harapan sejati hanya ada pada Kristus. Jaminan keselamatan kekal hanya ada pada Kristus. Pada bait kedua dan ketiga, saling berkaitan mengenai kesulitan, tantangan dan masalah yang mungkin dihadapi tapi tetap Tuhan tidak meninggalkan umatNya. Ini merupakan janji Tuhan bahwa Ia bersama dengan kita, kita tidak ditinggal sendiri ketika menghadapi segala kesulitan yang mungkin ada. Yang mana kemudian lagu ini membawa kita menyadari betapa besar anugerah Allah dalam hidup kita dan Dia Batu Karang Yang Teguh menjadi perlindungan umatNya.

Batu Karang Yang Teguh

Categories: Hymn Stories

Author: gracelia Christanti

Bitnami