Latest Post

Apa itu teologi? Apa hubungannya dengan etika Kristen? Dalam buku ‘The Doctrine of the Christian Life’, John Frame menjawab:

“[T]eologi adalah ‘aplikasi Firman Allah oleh pribadi-pribadi dalam semua area/aspek kehidupan.‘ Pembelajaran atau pengajaran apapun mengenai Alkitab adalah suatu usaha untuk menjawab pertanyaan manusia, untuk memenuhi kebutuhan manusia. Pertanyaan atau kebutuhan itu, secara relatif, bisa teoretis (misalnya: apa arti ratzah dalam perintah keenam?) atau, secara relatif, bisa praktis (misalnya: kapan saya harus mencabut alat penopang kehidupan dari ayah saya yang sedang sekarat?). Namun mereka semua bersifat praktis dalam pengertian bahwa mereka berurusan dengan pertanyaan dan kebutuhan manusia. Dalam pengertian itu, semua teologi ditujukan kepada orang-orang untuk menolong  mereka berpikir dan hidup untuk kemuliaan Tuhan. Jadi semua teologi melibatkan etika.”

Ada orang Kristen yang berkata ‘Pembahasan doktrin itu tidak penting dan tidak diperlukan. Pembahasan praktik itulah yang penting dan diperlukan.’ Benarkah kalimat ini? Sudahkah kita menilai bahwa seluruh bagian Alkitab itu penting dan perlu? Sudahkah kita melihat sisi etis dari seluruh doktrin Kristen?

Bitnami