Latest Post

Anne Bradstreet

Categories: Biografi Tokoh Iman

Anne Bradstreet (1612-1672) adalah seorang penyair ternama Inggris yang dikenal di Amerika. Memiliki suami bernama Simon Bradstreet. Hidup di tengah-tengah keluarga Puritan, tahun 1630, mereka berlayar ke Amerika bersama dengan perusahaan Massachusetts Bay dan kelompok Winthrop Puritan. Kemudian menetap di Ipswich, Massachusetts. Bersama dengan suaminya, ia memiliki dan membesarkan ke-8 anaknya. Di awal tahun 1640an, Anne dan keluarga berpindah dari Ipswich ke Andover Parish.

Dengan latar belakang pekerjaan ayahnya, Thomas Dudley, yang adalah pelayan dari Earl of Licoln, Anne menerima pendidikan yang sangat baik dalam berbagai bidang dan bahasa. Mulai dari bidang sejarah, literatur hingga bahasa Yunani, Latin, Perancis, Ibani. Keseluruhan ini hampir sama baiknya dengan bahasa Inggris, yang adalah bahasa ibunya.

Ayah dan suami Anne keduanya berperan dalam pendirian Harvard di tahun 1636. Di Oktober 1997, komunitas Harvard mendedikasikan sebuah gerbang untuk mengingat Anne sebagai seorang Amerika pertama yang mempublikasikan sebuah puisi. Disebut The Bradstreet Gate, terletak di sebelah Canaday Hall.

Berada di tengah lingkungan para pria yang menjadi pemimpin penting, keberadaannya sebagai seorang perempuan yang cerdas, membuatnya cukup kesulitan. Hal ini sangat menyakitkan baginya. Demikian juga yang terjadi dengan temannya, Anne Hutchinson. Ibu dari 14 anak yang memiliki kemampuan berbicara. Karena begitu banyak tekanan dan pandangan yang tidak terlalu baik, tidak mengherankan jika ia tidak pernah berniat mempublikasikan tulisan-tulisannya.

Anne sangat banyak menghasilkan berbagai tulisan. Puisi yang ia buat kebanyakan ditulis untuk dirinya sendiri, maupun untuk keluarga, saudara dan kolega-kolega baiknya. Puisi yang ia buat, secara diam-diam dibawa ke Inggris oleh kakak iparnya tanpa sepengetahuannya. Setelah dipublikasikan secara massal, puisi ini menjadi puisi yang sangat diterima oleh masyarakat luas dan terkenal.

Karya Anne dikenal sebagai karya yang kontemplatif dari kehidupannya sebagai seorang Puritan. Perenungan akan firman Tuhan dan pengalaman pribadinya sehari-hari dengan Tuhan di dalam setiap keadaan, membuat tulisannya menjadi tulisan yang penuh makna dan menyentuh para pembacanya.

Pada tahun 1666, rumah mereka yang berada di North Andover terbakar. Membuat keluarga mereka tidak memiliki tempat tinggal sama sekali dan tersisa hanya beberapa barang pribadi saja. mulai saat itu, kesehatannya pun semakin memburuk. Ia menderita TBC dan tidak dapat lagi bertemu dengan keluarganya yang berharga. Namun, ia sangat memiliki kekuatan dan tekad besar dalam perenungan pribadi dan pengetahuan akan Firman Tuhan.

Meninggal di tahun 1672 di North Andover, Massachusetts pada usia ke-60 tahun. Banyak orang yang masih terus mengenang hasil karyanya yang terus menerus terpublikasi. Puisinya pun menjadi satu refleksi pribadi, kekuatan maupun penghiburan bagi banyak orang yang menikmati karyanya.

Seorang perempuan yang hidup di era seperti Anne, meskipun ia mendapat pendidikan yang baik, namun tentu tidak memiliki peran yang sangat besar. Namun, dibesarkan dalam keluarga Puritan, pengenalan akan Allah dan posisi dirinya di hadapan Allah lah yang menjadi acuan hidupnya. Maka, relasi pribadi dengan Tuhan pun sanggup ia tuangkan di dalam keahlian menulisnya. Tulisan yang jujur terhadap Tuhan dan diri, membuat karyanya diterima oleh banyak orang.

Hal ini juga yang seharusnya mengingatkan kita. Meskipun dalam keterbatasan kehidupan, namun kesadaran akan kehidupan pribadi di hadapan Tuhan, relasi yang intim dan menggunakan talenta yang Tuhan berikan, menjadi satu tanggungjawab yang harus kita kerjakan. Apabila pada akhirnya Tuhan mau menggunakan hal ini menjadi berkat bagi banyak orang, maka biarkan anugerah Tuhan saja yang bekerja. Kiranya tokoh perempuan seperti Anne di kalangan Puritan masa itu pun menjadi contoh hanya bagi kita di dalam keterbatasan kehidupan kita saat ini.

 

Sumber:

Anne Bradstreet – Poems. Poemhunter.com – The World’s Poetry Archive, 2012.

Anne Bradstreet, by Ann Woodlief. https://archive.vcu.edu/english/engweb/webtexts/Bradstreet/bradbio.htm

Anne Bradstreet. https://www.poetryfoundation.org/poets/anne-bradstreet

Anne Bradstreet – American Poet. https://www.britannica.com/biography/Anne-Bradstreet

(Diringkas oleh Sdri. Paulina)

Author: Lukman Sabtiyadi

Bitnami