Latest Post

Glory Be to God the Father (Kemuliaan Bagi Allah Bapa)

Categories: Hymn Stories

Lirik oleh: Bonar, Horatius  (lahir 19 Desember 1808, Edinburgh, Skotlandia;

meninggal 31 Juli 1889, Edinburgh)

Musik oleh: Whinfield, Walter G. (lahir 6 November 1865, Elkington Selatan, Lincs, Inggris;

meninggal 26 April 1919, Dodford, Worcs)

Setiap kali kita mendengar ‘Messiah’ Handel, kita tergugah oleh cara musik yang besar menonjolkan ayat-ayat Alkitab. Kebanyakan orang berpikir bahwa “Hallelujah” merupakan paduan suara yang tertinggi dari karyanya, tetapi pemilihan itu benar-benar mengantisipasi penutupan dan klimaks dari “Worthy is The Lamb” dan “Amen”. Melalui kejeniusan Handel, kata-kata yang didasarkan pada ayat-ayat dari kitab Wahyu disampaikan dengan megah: ” Worthy is the Lamb that was slain, and hath redeemed us to God by his blood, to receive power, and riches, and wisdom, and strength, and honor, and glory, and blessing. Blessing and honor, glory and power, be unto him that sitteth upon the throne, and unto the Lamb, for ever and ever. Amen.”

Sebagai orang percaya, penantian kita akan kemuliaan surgawi ditingkatkan oleh kata-kata yang terdapat dalam kitab Wahyu. Penobatan dan kekuasaan Tuhan kita akan disertai dengan “Kemuliaan!” 18 kali pengulangan “kemuliaan” dalam nyanyian rohani ini bukanlah latihan hafalan. Mereka mengantisipasi pujian tanpa akhir kepada Tuhan kita yang layak menerimanya sepanjang kekekalan. Seperti dalam himne itu, pujian akan dinaikkan kepada semua Pribadi Allah Tritunggal karena berbagai sifat dan karya-Nya.

Ini bukanlah nada baru, meskipun mungkin tidak lazim bagi kebanyakan penyembah; melodi yang naik pada langkah pertama dan kelima sangat menarik dan dapat dikatakan menyatakan pujian kita “bangkit untuk Allah”. Jika diinginkan, himne ini dapat dinyanyikan dengan nada REGENT SQUARE dengan menambahkan dua ‘kemuliaan’ pada baris akhir setiap bait. Di beberapa gereja, bait pertama kadang-kadang dinyanyikan sebagai ganti Doksologi tradisional.

Author: Gracelia Cristanti

Bitnami